Manfaat Menuliskan Mimpi Ditengah Kegalauan



"Ketika mimpi yang saya tuliskan di masa lalu memberi nilai spirit bahkan hingga sekarang. Ternyata Menulis merupakan investasi nilai spirit untuk masa depan. Maka ramai-ramai berinvestasi dengan menulis."

Ternyata ketika dulu saya menulis tentang berbagai hal, bukan hanya pada saat itu saja menulis dapat memberikan pengaruh atau nilai yang saya dapat, akan tetapi di waktu mendatang. Karena setelah beberapa tahun kemudian, ketika saya membacanya kembali, tulisan itu menggerakkan banyak nilai-nilai spirit.

Berawal dari menuliskan setiap hal-hal penting dalam sebuah tulisan. Ketika itu saya aktif dalam sebuah LSM Literasi yang meskipun organisasi ini yang saya dan 3 teman saya dirikan itu skala kecil namun kala itu, kami punya mimpi yang tinggi.

Meskipun saat itu saya belumlah mahir dalam menulis, seiring berjalannya waktu,  kurang lebih dalam kurun 3 tahun banyak hal yang saya  coba tulis, baik itu secara implisit maupun eksplisit. Saya merasakan betul saat itu, bagaimana perjuangan kami berempat dalam melakukan nilai sosial baik dalam hal pendidikan terutama kampanye literasi. Beberapa moment kerap saya tuliskan, sepertihalnya menuliskan apa yang saya rasakan, konsep-konsep kerja hingga rencana masa depan dan mimpi yang ingin kami gapai yang membuat bersemangat untuk melangkah.

Ketika saya menuliskan itu semua, saya merasa ada kekuatan yang besar dan terus bertambah. Saat itu, semangat itu bisa terus menyala dengan menulis. Acap kali memiliki mimpi, dengan menuliskannya senantiasa spirit untuk mewujudkan mimpi itu membuat terus menyala batin ini. Meskipun kegalauan terkadang mendera, paling tidak dengan menulis seolah telah terjalin kontrak dengan batin untuk berusaha mewujudkan apa yang kita tulis .

Hingga ketika  sekarang ini saya membaca tulisan-tulisan saya yang dulu itu, seolah membuat sebuah tambahan energy, terlebih ketika  sedang menurun galau (down). Maklumlah pasang-surut optimisme akan langkah hidup seakan terus naik turun seiring berjalannya kehidupan. Ketika hidup membutuhkan pemompa, membaca tulisan itu yang mampu menimbulkan gairah spirit untuk kembali lebih bersemangat.

Saya merasa sangat beruntung, ketika semua aspek dan potensi saya coba rekam dalam sebuah tulisan terlebih mimpi yang ingin saya torehkan. Hingga akhirnya LSM itu kemudian tutup setelah kiprahnnya hampir empat tahun lamanya dan berhasil mengumpulkan ribuan buku yang kami kumpulkan dengan keringat dan semangat, untuk memberi kepada masyarakat pengetahuan dan informasi.

Catatan diantara puing-puing  kehancuran
Ketika saya dan teman-teman harus berhenti berbagi, maka tak ada sesuatu berharga yang tersisa tapi hal yang bernilai dari itu semua adalah pengalaman. Walaupun tak semua, beberapa bagian hampir tetulis dalam sebuah catatan yang terselamatkan dalam sebuh hardisk dan flash disk.

Menulis akhirnya menjadi sebuah prosers berkarya yang tak hanya mencatat aspek sejarah. Dengan Menulis akan memunculkan spirit yang tidak hanya pada saat menuliskannya saja, hingga tulisan itu dibaca setelah beberapa waktu kemudian tulisan itu memberikan spirit bangkit. Luar biasa bukan? Mari menulis untuk kehidupan sekarang dan akan datang.

Salam Revolusi Galau