Pers Kampus ; Belajar dan Berkarya Menjadi Jurnalis Profesional

Selamat Hari Pers Nasional 2012 kepada insan pers Indonesia. Berita nasional sedang hangat memeperbincangkan soal etika pers dan pengaruh bisnis. Hal ini memang menjadi pertanyaan besar juga bagi sebagian masyarakat  tentang independensi media.

Pers yang lebih dominan akan peranan sang pemilik media dengan berbagai kepentingan, diantaranya untuk kepentingan politik dan hukum.  Tapi dalam catatan ini saya  hanya akan meninjau kerangka pers dalam skup Pers Mahsasiswa.

Mulai bergabung tahun 2008 hingga  pertengahan tahun 2011, saya  menyimpan catatan seputar pergulatan saya dengan organisasi pers kampus dimana saya kuliah.
sumber gambar :http://abbhie.wordpress.com
Pers kampus /Pers Mahasiswa menjadi peran penting bagi media informasi dalam suatu wilayah kampus.engan adanya pers kampus, informasi penting seputar kampus dapat di sebarluaskan melalui produk jurnalistik kampus itu (majalah, bulletin, online)
     
  • Wadah belajar dan kreasi mahasisswa. Mulai dari pengorganisasian hingga kegiatan jurnalistik dasar seperti menulis, fotografi dan desain/layout.
  • Sebagai gerbang awal menuju dunia pers professional. Banyak sekali untuk menjadi seorang jurnalis profesional, awalnya berkutat didunia pers kampus.  Pers kampus merupakan proses penempaan dari sisi teoritis hingga praktis.
  • Saat itu, hal yang menarik ketika berkutat  didunia  pers kampus adalah tidak ada dominasi bisnis atau kepentingan . Pers kampus sangat independent a. Namun rasanya, ketika masuk pada insdustri media, idealisme mesti menjadi lebih fleksibel karena ada banayak kepentingan.
Banyak hal yang sangat saya rasakan denga aktif di perskampus. Pengalaman ketika saya bisa magang di salah satu media milik Kompas-Gramedia  membuat saya tak tak terlalu kaku dengan mewawancarai narasumber hingga  mencari ide dan menuliskannya. Dan saya percaya lebih aktif di organisasi lebih mengasah skill kita ketimbang hanya belajar didalam kelas.

Semangat belajar dan berkarya pers  kampus.
Semangat Revolusi Galau.